Thursday, September 27, 2012

Persiapan Naik Haji (2)



lanjutan...

4. Persiapan ilmu
Haji adalah salah satu rangkaian ibadah, tentu terikat dengan syarat dan rukunnya. Untuk itu, perlu diketahui ilmunya dengan baik. Di tengah keterbatasan buku-buku tentang haji/umroh yang berbahasa Indonesia, browsing merupakan salah satu solusinya. Tentu selain tanya sana-sini, barangkali ada teman di Belgia yang punya buku-buku tersebut. Saya sendiri pun sempat membawa beberapa dari Indonesia saat pulang tahun lalu dan juga dikirimin beberapa buku oleh ummi.Jazakillah ummiku sayang....

 aneka buku panduan ibadah haji kiriman dari Ummi tersayang

Di bawah ini beberapa link yang bisa dilihat :
a. Video manasik haji :
- panduan haji Depag : http://www.youtube.com/watch?v=IlfjBY9sC98
- http://audiohaji.com/Manasik_Haji/
b. tausyiah tentang ibadah haji :
- tausyiah Buya Hamka ttg haji : http://www.youtube.com/watch?v=WCaKyRg4W2Q&feature=related
c. Informasi tentang pelaksanaan ibadah haji :
- http://www.pks-arabsaudi.org/pip/files/Panduan%20haji.pdf
- http://www.pks-arabsaudi.org/pip/files/Skema%20ibadah%20haji.pdf
- http://abusyafwan.blogspot.be/2008/12/rute-perjalanan-haji.html
- http://selak.blogspot.be/2010/02/rahasia-di-balik-perjalanan-haji.html
- http://www.manasikhajiumrah.com/
d. Mengikuti manasik haji
Di ketiga poin sebelumnya, kita dituntut untuk belajar mandiri.  Baru di poin yang keempat inilah, kita belajar "berjamaah". Bersyukur sekali biro perjalanan haji yang kami ikuti, Milli Gorus, mengadakan pula manasik haji (meski hanya satu kali saja). Insya Allah cerita tentang manasik haji ini akan saya tuliskan tersendiri

5. Persiapan informasi
Begitu memutuskan untuk berangkat haji dari Belgia, sebaiknya kita segera cari tahu beberapa informasi yang dibutuhkan. informasi tersebut di antaranya mencakup :

a. Biro haji yang ada di belgia
Di Belgia terdapat beberapa biro perjalanan haji, sayangnya belum ada biro perjalanan haji yang dikelola oleh orang Indonesia. Di anataranya adalah :
Milli Gorrus IGMG Belgica (Alamat : Kesselsstraat/Rue de kessels 28-30, 1030 Brussel, Telepon : +3222198079)
Desti International NV, Lic. (Alamat : A5426, Liedtsplein, 14, 1030 Brussel, Telepon: +322245337) 
-  Rombongan masjid...di Gent-Brugge (Imam Refat Abdelmetteb 0486334643 atau 092312669)
-  Koperasi Haji Jedah --> sudah dua tahun belakangan KPMI (Keluarga Pengajian Muslimin Indonesia di Belgia) bekerja sama dengan koperasi Sejahtera Jedah. Seperti tahun ini, sekitar bulan Juli, KPMI mengedarkan informasi tersebut.
-  dan masih banyak lagi (sementara baru itu yang saya informasikan karena baru biro-biro tersebut yang pernah diikuti oleh teman-teman Indo)
Beberapa hal yang perlu dicari informasinya terkait biro hajia adalah ; nama biro, lokasi (alamat fiktif/teridentifikasi), program yang ditawarkan, fasilitas yang disediakan, biaya dan jangka waktu. Idealnya setahun sebelum rencana keberangkatan, segera kumpulkan informasi (bisa googling dan tanya teman). kemudian bandingkan (perhatikan plus-minusnya dan sesuaikan dengan kondisi kita). Kondisi "khusus" kita misalnya, lama waktu yang kita punya, tabungan yang ada, dan sebagainya. lalu putuskan pilihan kita (lebih utama jika kita komunikasikan juga pada Dzat Yang Maha Berkehendak).
b. Pengalaman orang Indonesia yang berangkat haji dari Belgia
Seperti kata pepatah, "Pengalaman adalah guru yang terbaik". Dan sebaiknya kita pun menjadikan pengalaman teman-teman yang sudah haji sebagai salah satu rujukan. Bersyukur sekali, di Belgia ini pada awal tahun 2012 terselenggara sebuah sharing online tentang pengalaman haji (berikut ringkasannya : http://muslimahbelinda.blogspot.be/2012_01_01_archive.html). Selain itu dengan bersilaturrahmi pada mereka yang sudah berangkat haji, juga bisa dilakukan. Insya Allah sharing pengalaman ini akan sangat bermanfaat.

c. Teknis pendaftaran haji
Satu hal yang cukup penting juga adalah mengetahui teknis pendaftaran haji di Belgia. Dengan mengetahui taknis atau prosedurnya, kita bisa take action dan tidak terlambat...kapan mengontak biro hajinya? kapan harus menyediakan biaya hajinya? karena, meski berangkat haji dari Belgia ini relatif mudah (baca:tidak perlu mengantri/waiting list selama bertahun-tahun, seperti di negeri kita tercinta), kita perlu "datang" ontime. Hmm..sebetulnya, ini juga berdasarkan pengalaman kami. Kemarin kami sempat "nyaris" ditolak oleh Milli Gorus karena sudah agak terlambat (saya mendaftar pada awal Juni). Alhamdulillah, akhirnya mereka memberi kesempatan..Semoga Allah terus memberi kemudahan kepada kami (dan juga pada jutaan calon jamaah haji yang lain) hingga hari -H- dan pelaksanaannya nanti...aamiin. Jadi, dari saran pengurus Milli Gorus, selambat-lambatnya 6-7 bulan sebelum bulan haji kita sudah mendaftar.

Demikian sekilas catatan awal saya tentang persiapan haji...semoga bermanfaat...

Wassalam

3 comments:

  1. salam kenal mbak elly. subahanallah. makasih atas informasi lengkapnya. InsyaAllah kami dr Aachen thn ini menyusul mohon doanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo boleh, bisa dibocorin judul buku2 dari indonesia ttg manasik haji yang layak untuk di baca.

      Delete
    2. salam kenal mbak Rustka..alhamdulillah kalau ada yg bisa diambil manfaatnya. Barokalloh...smg smuanya lancar ya mbak, dan jd hajjah mabrurah..aamiin
      ikut rombongan mana mbak?
      oh ya, untuk buku2, saya kmrn dikirimi buku2 Haji dari Depag (yg diterima setiap jama'ah haji Indo), ada jg beberapa buku Panduan haji dan umrah. Intinya, selain fiqih haji, ada baiknya jika dibaca juga buku siroh atau buku tentang tempat-tempat bersejarah di Mekah dan madinah. Jadi...akan lebih "terasa" ibadahnya, in syaa Allah
      :-)

      Delete