Monday, January 14, 2013

Rumah Tempat Kelahiran Nabi Muhammad SAW



Bangunan ini terletak di sebelah timur Masjidil Haram, tepatnya sebelah timur area sa'i atau lebih dekat lagi dengan toilet umum. Bangunan ini adalah Maktabah Makkah Al Mukarromah (Perpustakaan Mekah Al Mukarromah). Konon ceritanya, gedung perpustakaan ini dibangun tepat di bekas rumah tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Pada saat kami menunaikan ibadah haji tahun lalu (2012), saya tidak berkesempatan masuk ke dalam Perpustakaan, begitupula jama'ah haji yang lain. Menurut sebuah informasi, perpustakaan ini ditutup selama musim haji. "Tidak dibenarkan dan tidak ada dalam dalil agama Islam untuk menjadikan perpustakaan atau tempat kelahiran nabi untuk mencari berkah. Tidak ada dalil dalam Islam menjadikan gedung perpustakaan ini sebagai tempat ibadah. Rasa cinta kepada Nabi hendaknya dilakukan  dengan melaksanakan sunnahnya." Begitu isi beberapa pengumuman yang diletakkan depan gedung. Meski banyak jama'ah haji yang berjejal ingin masuk kedalamnya, petugas melarang. Menurutnya, tidak diperbolehkan jama'ah masuk dengan pertimbangan tersebut (menjaga dari hal-hal yang berbau bid'ah).

Kami pun hanya berkumpul di halaman perpustakaan, kemudian Amin hodja (syekh rombongan kami) memberikan penjelasan tentang bangunan tersebut. Sayangnya penjelasannya dalam bahasa Turki, meski masih bersyukur juga ada teman kami yang menerjemahkan dalam bahasa Belanda.

Dari segenap penjelasan dan informasi yang saya dapat,memang benar bahwa disitulah dulu tempat Rasulullah dilahirkan. Menurut buku sirah nabawiyah, tempat kelahiran Nabi dulunya dikenal dengan lembah Abu Thalib. Ketika Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, rumah ini ditinggali oleh Aqil bin Abi Thalib yang kemudian dilanjutkan didiami oleh anak turunnya Aqil. Selanjutnya rumah itu dibeli oleh Khizran, istri Raja Bani Abbasiyah yang terkenal sukses dan ahli ibadah Harun Alrasyid. Setelah dibeli, tempat itu lalu dibangun sebuah masjid Al-Khaizuran. Namun kerena berdekatan dengan Masjidil Haram, masjid itu lalu dihancurkan dan akhirnya dijadikan perpustakaan umum oleh Syaikh Abbas Qatthan, wali kota Makkah pada tahun 1370 H/1950.

Wallohu a'lam bish showab

Sejarah tentang bangunan ini, bisa juga didapat di sini atau di sini.

No comments:

Post a Comment