Thursday, March 7, 2013

Masjid Abu Bakar As Siddiq



Masjid Abu Bakar As Siddiq terletak berdekatan dengan masjid Al Ghamamah (ada yang menyebutkan kurang dari 50 meter jaraknya), atau sekitar 300 meter arah barat daya dari mesjid  Nabawi dan tidak sampai 30 meter dari Masjid Ali bin Abi Thalib ra.

Ada dua versi certa tentang asal mula masjid ini. Versi yang pertama, dari cerita yang saya dengar dari Amin hodja, pemimpin rombongan MG Belgia. Beliau menyebutkan bahwa Masjid Abu Bakar As Siddiq ini didirikan di bekas rumah Abu Bakar Siddiq ra, Beliau adalah sahabat terdekat yang sekaligus mertua Rasulullah (ayahanda dari Aisyah ra) dan khalifah pertama setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Adapun versi yang kedua, bersumber dari sebuah buku yang berjudul "Historical Mosques in Makkah and Medinah The Past and Present". Di buku ini disebutkan bahwa Masjid ini didirikan sebagai sarana mengingat tempat-tempat yang pernah digunakan oleh Rasulullah sebagai tempat sholat. Menurut riwayat, Rasulullah SAW pernah sholat Ied di tempat masjid ini didirikan. Begitu pula di masa kekhalifahan Abu Bakar ra, beliau juga melaksanakan sholat Ied di atas lahan tersebut (yang sekarang dibangun masjid).

Awalnya tempat ini hanya berupa tanah lapang, pada tahun 80-an H dibangunlah sebuah masjid oleh Khalifah Umar ibn Abdul Aziz untuk mengenang kejadian tersebut. Bangunan masjid ini dibangun kembali di masa Utsmaniyah oleh Sultan Mahmud kedua (1254 H), dan pemerintah Saudi pun hingga kini sempat melakukan beberapa kali renovasi.

Masjid ini berbentuk persegi, di mana setiap sisinya berukuran 9 meter. Masjid ini dibangun dengan batuan basal hitam dan interiornya dicat warna putih. Halaman masjid ini berukuran 13 m x 6 m. Minaretnya yang berada di sudut timur ini memiliki tinggi 15 m.

Wallohu a'lam bish showab


No comments:

Post a Comment