Saturday, March 23, 2013

Masjid Quba'


Masjid Quba adalah masjid yang pertama didirikan oleh Nabi Muhammad SAW saat hijrah dari Makkah ke Madinah. Masjid Quba terletak sekitar 2,3 km arah selatan Masjid Nabawi, dan terletak di dekat perkebunan kurma. Dahulunya area masjid Quba adalah rumah Kaltsum ibn al Hidam, dari Bani Amru ibn Auf Ibn Malik ibn Al Aus. Pendirian Masjid Quba  diabadikan dalam Surat At Taubah:108.

Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW selama di Madinah setiap hari Sabtu sering mendatangi Masjid Quba, baik berjalan kaki maupun dengan menunggang unta, kemudian sholat 2 raka’at disana. Masjid Quba selalu ramai didatangi oleh jamah Haji atau jamaah Umrah untuk berziarah, utamanya pada hari Sabtu. Salah satu keistimewaan dari Masjid Quba adalah bahwa Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa telah bersuci di rumahnya (berwudhu), kemudian mendatangi Masjid Quba lalu sholat 2 raka’at, maka baginya sama dengan pahala umrah ” (Sunan Ibn Majah, no 1412).

 keutamaan Masjid Quba

Alhamdulillah, bersama beberapa jama'ah MG kami berkesempatan untuk ke Masjid Quba dua kali, pertama kalinya dengan mengendarai bus dan yang kedua dengan berjalan kaki.


Saat kami akan melakukan perjalanan ke masjid Quba, kami berkumpul di masjid Nabawi terlebih dahulu. Bersama rombongan, kami berjalan dari masjid Nabawi (melalui pintu gerbang 6C), lalu ke arah Masjid Umar dan selanjutnya tinggal mengikuti papan-papan arah menuju Masjid Quba' (dalam foto, tampak papan bewarna putih yang menunjukkan jalan ke Masjid Quba). Perjalanan dari Masjid Nabawi ke Masjid Quba' memakan waktu sekitar 45 menit. dalam perjalanan itu kami melewati beberapa pertokoan, kedai roti (kami sempat mampir dan mencicipi roti "raksasa"nya yang baru keluar dari oven tradisional...Alhamdulillah, enaaak), kebun kurma, dan juga melewati masjid Jum'ah.

Wallohu a'lam bish showab

No comments:

Post a Comment